Pages - Menu

Saturday, May 5, 2012

Jaringan Komputer



LAPORAN PEMAHAMAN PEMBUATAN APLIKASI  CHAT DENGAN C#

Untuk lebih muda di pahami, maka hal-hal yang perlu kita ketahui adalah dimana pengertian dari UDP dan TCP IP,  protokol, layer, dan fungsi-fungsinya :
1.      UDP
UDP singkatan dari User Datagram Protokol, yang merupakan sala satu protokol TCP/IP yang mendukung komunikasi yang unreliable, tanpa koneksi (connectionlles) antara host-host dalam sebuah jaringan yang menggunakan TCP/IP. Maksudnya connectionless dan tiadak ada kendala, windowing, serta fungsi untuk memasikan data diterima dengan benar, dan juga menyediakan fungsi yang sam dengan TCP. Seperti transfer data dan multiplexing, namun UDP hanya melakukan dengan byte tambahan yang lebih sedikit dalam header.
Protokol UDP
2.      TCP
TCP adalah singkatan dari Trinsimtion Control Protocol yang merupaka salah satu jenis protoko yang memungkinkan kumpulan dari komputer yang berkomunikasi dan bertukar data dalam suatu jaringan. TCP berorentasi connection-oriented dan dapat diandalkan karena terjadi handshaking sebelum mengirimkan data terlebih dahulu, sehingga kemungkinan terjadi kehilangan sedikit paket data.
3.      Layer TCP/IP antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Application layer, berfungsi untuk menyediakan layanan atau servis ke user atau pengguna
b.      Transport Layer, berfungsi untuk mengirimkan pesan dari satu proses ke proses yang lainnya
c.       Network Layer, berfungsi untuk mengirimkan paket dari sumber aslinya ke tujuan akhirnya
d.      Data Link Layer, berfungsi untuk menyediakan link untuk data, kemudian memaketnya menjadi frame yang berhubungan dengan hardware  kemudian disalurkan melalui media
e.       Physical Layer, berfungsi untuk  mengirimkan bit dari data dari suatu node ke node yang lain, atau melalui kabel.

            Pada kegiatan dimana melakukan chat di perlukan protokol yang mana, terdapat pada layer transport yaitu TCP dan UDP. Dari Kedua protokol ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

            Kelebihan yang dimiliki oleh protokol TCP adalah dimana protokol ini akan melakukan proses handshaking terlebih dahulu sebelum mengirimkan data sehingga kemungkinan untuk kehilangan data pada saat pengiriman data menjadi lebih kecil, sedangkan pada protokol UDP tidak melakukan proses handshaking, sehingga pada proses pengiriman data kemungkinan untuk kehilangan paket data itu akan lebih besar.



Begitupun Keuntungan pada UDP, yang paling jelas dari TCP adalah byte tambahan yang lebih sedikit. Di samping itu, UDP tidak perlu menunggu penerimaan atau menyimpan data dalam memory sampai data tersebut diterima. Ini berarti, aplikasi UDP tidak diperlambat oleh proses penerimaan dan memory dapat dibebaskan lebih cepat.
            Pada pembuatan Tugas C# yang sampai saat ini sudah dipahami adalah sebagai brikut
Inisialisasi source code pada awal program ini adalah sebagai deklarasi dari objec, fungsi dan variabel. Dimana source code sebagai berikut:



A.    Bagian pengiriman pesan pada chat box adalah sebagai berikut:

            Dimana proses pengirimana dan penerimaan data adalah dalam bentuk byte dimana data yang dikirim tersebut di parse(di pisahkan) lalu dikirim. Sebaliknya pada penerimaan, data yang di terima dalam bentuk paket data yang talah di parse kemudian dijadikan satu.



            Pada bagian source code ini adalah untuk melakukan chat dimana ketika kita menekan tombol SEND, maka tulisan atau karakter yang kita tuliskan akan terkirim ke chat box yang tersedia. Proses yang dilakukan adalah ketika checkBox1 dipilih, maka akan melakukan proses broadcast isi chat yang telah kita tulis, ini dapat dilihat dari source code dibawah ini;



Sintax ini merupakan sebuah kontruktor dari TCP client, yang berisikan spesifikasi IP local yang digunakan. Dan dapat digunakan jika kita memiliki lebih dari satu network atau melakukan proses broadcast.


Source code diatas berfungsi untuk melakukan pengiriman data hanya pada ip yang terhubung ke client ini saja yang bisa melakukan proses pengiriman data dengan menggunakan port yang sudah di tentukan.

            Source code digunakan untuk memilih jenis protokol yang digunakan. Pada aplikasi ini menggunakan jenis protokol UDP.

            Pada proses selanjutnya adalah input nama user. Untuk nama user, akan dirubah ke kode ASCII yang akan diletakkan pada variable data. Jika panjang dari variable data kecil dari 20, maka nilai a yang merupakan variable penampungan sementara akan bernilai sejumlah dari panjang data nama. Dan jika panjang data lebih dari 20, maka data yang dimasukkan ke dalam variable a tetap 20. Jika kita ingin memperpanjang nama yang ingin dimasukkan kita dapat mengubah ukuran byte maksimal (lebih dari 20) yaitu pada bagian inisialisasi data nama [20] ini bermaksud nama yang dimasukkan tidak lebih dari 20. Yang kemudian data a tadi akan digunakan untuk memasukkan datanya ke dalam buffer datanama[i]. berikut ini adalah sintaxnya.
Setelah dataNama dihitung, selanjutnya adalah melakukan perhitungan tulisan yang telah dimasukkan. source codenya adalah sebagai berikut;
Sebelum mengirimkan data, data yang diinputkan kedapam richTextBox2 akan di ubah menjadi nilai ASCII. Dan bufferkirim[0] pada array 0 bernilai 0. Pada bufferkirim ini nantinya akan berisikan nama user dan tulisan yang telah diisi oleh user. 


   B.    Bagian Audio


Untuk source code di atas, menyiapkan atau mengaktifkan prangkat output serta persiapan untuk perekaman data atau suara saat tombol start di klik. Dan jika tidak ada perangkat output tidak tersedia atau tidak terdeteksi maka muncul sebuah pesan eror. 


Untuk source code di atas adalah dimana mengaktifkan dan menyiapkan perangkat input pada saat tombol Start Send di klik dan siap untuk mengirimkan data berupa suara. Jika disaat perangkat input tidak tersedia atau tidak dideteksi maka akan muncul pesan eror. Dan juga, pesan Eror akan muncul jika IP atau Port targer atau tujuan salah saat di masukkan.selanjutnya  jika tidak ada lagi pesan eror maka perangkat input (Mic) siap digunakan untuk mengirim suara.


Selanjutnya adalah untuk pengiriman suara ke target atau tujuan maka data yang tadinya dalam bnetuk suara dikoversi atau di rubah menjadi byte, berupa paket-paket data lalu di kirim.


Pada source code ini, dimana data di terima berupa byte dalam bentuk paket-paket data yang diconversi menjadi data suara, dan selanjutnya hasil conversi tadi di keluarkan pada perangkat output berupa speaker, atau hadset.



No comments:

Post a Comment