Switch
Pengkondisian suatu masalah bisa menggunakan statement IF-ELSE maupun SWITCH.
Di artikel sebelumnya saya telah menuliskan contoh penggunaan IF-ELSE, sekarang
saya akan sedikit memberikan gambaran tentang penggunaan SWITCH.
kerangka SWITCH
switch ()
{
statemen_1;
break;
statemen_2;
break;
statemen_n;
break;
default;
}
Oke langsung ke contoh programnya aja biar rada jelas :D
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
int main()
{
int choice, luas, a, t, p, l;
printf("============================================\n");
printf("==
Menghitung
Luas
==\n");
printf("== 1. Luas Persegi / P.Panjang
==\n");
printf("== 2. Luas
Segitiga
==\n");
printf("== 3. Keluar
Program
==\n");
printf("============================================\n\n");
printf("Silakan pilih luas yang akan Anda hitung:
");
scanf("%d", &choice);
switch (choice)
{
case 1 :
printf("Panjang : ");
scanf("%d", &p);
printf("Lebar : ");
scanf("%d", &l);
luas = p * l;
printf("Luas = %d", luas);
break;
case 2 :
printf("Alas : ");
scanf("%d", &a);
printf("Tinggi : ");
scanf("%d", &t);
luas = 0.5 * a * t;
printf("Luas = %d", luas);
break;
default :
clrscr();
printf("Terima kasih telah menggunakan program
ini");
}
return 0;
}
Penjelasan
switch (choice)
Statement ini digunakan untuk membuat sebuah ekspresi untuk menentukan
statement yang akan dijalankan.
case 1 :
Statement ini akan apabila terpilih maka akan menjalankan beberapa ekspresi yg
ada didalamnya.
default :
Statement ini adalah alternatif yang disediakan untuk user.
clrscr();
fungsi ini membersihkan layar dari string-string yang ditampilkan sebelumnya.
Pemakain fungsi ini harus menggunakan file header conio.h
No comments:
Post a Comment